Monday 17 November 2014

Siang ini saya akan berbagi mengenai gaya hidup dan postur tubuh. Sebelumnya, seluruh artikel di blog ini berisikan pembahasan yang keilmuan dan untuk sebagian yang berkunjung kesini pasti merasa bingung dengan seluruh artikel disini. Tapi jangan khawatir, kabar gembira pada siang ini, saya memutuskan untuk menuliskan artikel yang berisikan informasi seputar kesehatan secara umum dengan gaya bahasa yang lebih enak dimengerti oleh siapa saja yang mampir kesini.

Oke, langsung saja.. 
Gambar di atas merupakan posisi duduk dalam posisi anatomi yang baik, dimana seluruh sudut dalam posisi tepat. Siku 90 derajat memberikan efek rileks pada lengan atas, bahu, dan lengan bawah, sudut pinggang bawah dan punggung atas dengan sudut cekungan yang tepat dimana otot-otot postural punggung bekerja dengan tepat menahan posisi tulang belakang, sudut panggul dengan putaran ke depan yang tepat sehingga pinggang tidak mudah lelah dan otot bokong menopang dengan baik. Otot postural dan otot phasic bekerja secara seimbang sehingga tubuh tidak mudah lelah. Namun, duduk terlalu lama dan statis dapat menyebabkan kelelahan, duduk dalam posisi anatomis setidaknya dapat mencegah kelelahan dan nyeri pada pinggang, leher, bahu, dan punggung atas. 



Duduk dengan posisi sudut yang tidak tepat akan seperti gambar diatas, akan menyebabkan berbagai masalah pada leher, punggung atas, bahu, pinggang bawah, dan panggul. Oleh karena itu. Postur tubuh yang baik harus selalu diperhatikan terutama dalam beraktivitas sehari- hari. 

Gaya hidup manusia yang dinamis saat ini, memungkinkan berbagai resiko dan gangguan kesehatan selalu menyertai. Kebiasaan tubuh dalam bersikap dan pola makan yang tidak teratur sering menjadi momok pada suatu hari. Pembentukan postur tubuh tidak serta merta terjadi dalam waktu singkat, waktu yang lama dan sering dapat memacu timbulnya perubahan postur tubuh yang salah. 

Menjaga sikap tubuh dan makan teratur dengan pola makan yang baik dapat mencegah terjadinya masalah pada tubuh.

0 comments:

Total Pageviews

Search

Informasi

Jika Anda membutuhkan konsultasi terkait fisioterapi silahkan menghubungi melalui email physio.yuli@gmail.com

Artikel Populer