Monday 9 February 2015

MHampir semua dari kita sudah pernah mengalami kram otot. Kram otot sungguh menyiksa dan menyakitkan. Pada bagian otot yang mengalami kram akan terasa menyayat dan mengeras dalam beberapa detik hingga menit. Otot yang mengalami kram lebih sering pada betis, paha belakang, dan perut. 

Banyak yang mengalami kram otot saat bangun tidur, berolahraga, duduk lama, berdiri lama, dan tanpa kegiatan apapun. Kram tersering saat berolahraga, berenang, dan bangun tidur. Ketiga kegiatan ini berbeda penyebab kramnya. 

Lalu apa kram otot itu sendiri? 
Kram otot yaitu berlebihannya kontraksi otot secara tidak sadar atau terjadi pemendekan otot yang berlebihan mengakibatkan nyeri sedang hingga berat dan kelemahan sehingga tidak mampu bergerak pada otot yang terkena. Kram otot dapat berlangsung dalam periode beberapa detik, menit, hingga jam. Kram dapat terjadi pada otot skeletal dan otot polos. Kram yang terjadi pada otot skeletal dapat disebabkan oleh   Kombinasi pada satu atau lebih dari kelelahan otot, kurangnya elektrolit seperti sodium, potassium, atau magnesium. Sedangkan kram otot pada otot polos dapat terjadi karena mensturasi atau masalah pencernaan. 

Solusi untuk mencegah kram yaitu konsumsi makanan yang mengandung potassium, sodium, magnesium pada buah pisang, wortel, kacang kapri, dan sbagainya. Konsumsi pula air putih, olahraga, dan istirahat yang cukup. 

Jika Anda mengalami kram, hal yang harus Anda lakukan yaitu 
1. Stretching / peregangan
Peregangan diharuskan pada otot yang kram dengan cara memanjangkan otot dengan maksimal dalam 10-20 detik tahanan.
2. Konsumsi air yang mengandung elektrolit
3. Kompress bagian otot yang kram 

0 comments:

Total Pageviews

Search

Informasi

Jika Anda membutuhkan konsultasi terkait fisioterapi silahkan menghubungi melalui email physio.yuli@gmail.com

Artikel Populer