Monday 9 February 2015


Kelainan bentuk telapak kaki yaitu dimana arcus atau cekungan kaki memiliki sudut yang tidak normal. Pada kaki flat foot, sudut kelengkungan kaki nol derajat, pada hollow foot, sudut kelengkungan kaki di atas 30 derajat. Kelainan bentuk kaki dapat mempengaruhi kesehatan yaitu mudah lelah, mudah terjadi iritasi pada otot- otot plantaris dan iritasi pada fascia plantaris.

Telapak kaki datar dimana dilakukan pemeriksaan dengan cetakan kaki, bisa dengan tinta, air, atau screening tes dapat mendiagnosa kelainan bentuk kaki ini. Begitu pula dengan hollow foot. Dampak dari kelainan ini juga menyebabkan keteganan otot2 sekita kaki, m. Gastrocnemeus, m. Hamstring, m. Hamstring, dan sebagainya hingga mempengaruhi pinggang. 

Penanganan fisioterapi pada flat foot yaitu dengan memberikan medial arc support, stretching otot plantaris, dan latihan strengthening otot2 plantaris dan kaki. 



Penanganan fisioterapi pada hollow foot dengan manipulaton, exercise penguatan, stretching, dan pembuatan sepatu khusus. 

0 comments:

Total Pageviews

Search

Informasi

Jika Anda membutuhkan konsultasi terkait fisioterapi silahkan menghubungi melalui email physio.yuli@gmail.com

Artikel Populer