Friday 22 May 2015

Pernahkan Anda mengalami kelelahan otot yang sangat berat setelah Anda baru pertama kali latihan fisik atau olahraga? Anda akan merasakan nyeri berat di seluruh tubuh seperti lengan, tungkai bawah, pinggang, perut, paha, bokong hingga kaki. Nyeri pegal berlangsung sekitar 1 minggu. Bila mengalami keadaan  seperti ini, sebagian besar dari kita tidak akan latihan fisik untuk kedua kalinya atau bahka ingin segera menghilangkan nyeri pegal dengan cara urut.

Sebetulnya, kecenderungan efek latihan fisik atau olahraga untuk pemula atau yang baru ingin kembali latihan akan mengalami nyeri di seluruh tubuh. Keadaan ini sangat wajar, ada beberapa alasan ilmu pengetahuan medis mengenai keadaan ini. Berikut penjelasannya
   - otot mengalami kerobekan mikroskopik yang normal saat latihan karna serabut otot mengalami peregangan dan otot memompa darah ke jantung dengan cepat saat berlangsungnya latihan. Kerobekan mikroskopis ini menimbulkan nyeri terutama otot tipe tonic. Kerobekan ini dapat memicu spasme yang dapat mengganggu atau tidak. Bila latihan diteruskan dengan mengabaikan rasa nyeri, maka kerobekan mikroskopik akan lebih cepat membaik karna otot berusaha beradaptasi dengan sistem kontraktilnya. Peregangan dan pemendekan serabut otot dalam kontraksi otot memicu intak oksigen yang baik menutrisi sirkulasi otot dan membuang sisa penumpukan metabolisme otot. Aliran darah yang dipompa jantung ke otot dan sebaliknya berlangsung harmonis dalam durasi latihan yang teratur dan baik.
   - penumpukan sisa metabolisme otot yaitu asam laktat mengakibatkan kelelahan yang berat seusai latihan. Otot perlu recorveri dengan istirahat tepat dan tidak boleh melakukan massage karna akan merusak serabut otot dan meningkatkan pelebaran pembuluh darah.
   - otot beradaptasi dengan latihan yang progresif dan teratur. Jika menghentikan latihan, maka otot tidak mudah beradaptasi jika tubuh melakukan latihan kembali dengan jarak latihan yang tidak teratur.

Setelah memutuskan untuk berlatih fisik atau berolahraga, maka lakukan secara teratur dan tepat. Atur waktu recorvery dengan cara istirahat dan minum air putih yang seimbang serta mengkonsumsi buah2an kaya kalsium, natrium, kalium, dan vitamin C.

yang sangat berat setelah Anda baru pertama kali latihan fisik atau olahraga? Anda akan merasakan nyeri berat di seluruh tubuh seperti lengan, tungkai bawah, pinggang, perut, paha, bokong hingga kaki. Nyeri pegal berlangsung sekitar 1 minggu. Bila mengalami keadaan  seperti ini, sebagian besar dari kita tidak akan latihan fisik untuk kedua kalinya atau bahkan ingin segera menghilangkan nyeri pegal dengan cara urut.


0 comments:

Total Pageviews

Search

Informasi

Jika Anda membutuhkan konsultasi terkait fisioterapi silahkan menghubungi melalui email physio.yuli@gmail.com

Artikel Populer