Sunday 16 July 2017

Apakah anda banyak tidur setelah stroke dan khawatir itu tidak normal ?
Apakah anda selalu merasa lelah dan mengantuk ?



Jangan khawatir, ini hal wajar yang terjadi setelah stroke dan ini benar-benar normal.  Otak anda telah mengalami cedera yang serius dan sekarang perlu banyak istirahat untuk memperbaiki dan melepaskan diri.

Kelelahan pasca stroke adalah efek samping yang akan dihadapi banyak korban hingga 40-70% penderita stroke mengalami kelelahan ini. Terkadang kelelahan bisa membuat anda lengah karena anda tidak terbiasa terlalu banyak tidur. Hal ini membuat anda merasa tidak sehat dan sepertinya anda tidak meningkatkan kesembuhan anda. Kurangnya energy dan kebutuhan untuk istirahat sering menyulitkan anda berpartisipasi dalam rehabilitasi (terapi fisik) dan kegiatan sehari-hari lainya.
Keinginan banyak tidur setelah stroke itu adalah normal. Pasca stroke, tidur siang akan menjadi teman baru anda. Kelelahan pasca stroke membuat anda ingin tidur dan beristirahat.  Luangkan waktu anda untuk tidur siang dan memulihkan tenaga.

Mengapa tidur itu jadi penting? Tidur diperlukan untuk otak yang sehat. Saat kita tidur, otak kita mendapatkan untuk membersihkan melokul beracun yang terbentuk saat bangun tidur. Jika seseorang tidak cukup tidur dan toksin ini terus berkembang di otak kita, hal itu bisa menyebabkan penyakit neurodegenerative seperti Parkinson dan Alzheimer.
Untuk pasien stroke, tidur memperbaiki pemulihan gerakan pasca-stroke
Tidur membantu otak anda menyembuhkan dan menyimpan informasi yang berkaitan dengan tugas motoric. Selama tidur REM (rapid eye movement), otak anda mengubah ingatan jangka pendek tentang gerakan otot menjadi ingatan jangka panjang yang menjadi tersimpan di bagian otak yang bertanggung jawab atas aktivitas otot.

Intinya, tidur membantu otak anda mengingat gerakan yang telah anda latih seharian ini. Pada waktu siang hari, anda sibuk melakukan latihan rehabilitasi dan setelah menyelesaikan latihan rehabilitasi, anda perlu mendapatkan tidur, yang membantu otak anda meyerap dan mengolah ketrampilan motoric yang digunakan.
Banyak faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kelelahan anda setelah terkena stroke :

Depresi : anda mungkin merasa lelah karena depresi yang sangat umum setelah stroke.
Siklus tidur : siklus tidur yang tidak teratur sering terjadi setelah stroke. Insomnia di malam hari membuat pasien pasca stroke mengalami kelelahan di pagi hari.
Obat : penggunaan beberapa obat mungkin membuat anda lebih lelah dari biasanya.
Efek post stroke : gejala post stroke fisik seperti kelemahan ekstremitas atas, dan kelumpuhan membuat anda sulit bergerak. Sehingga setiap kali melakukan gerakan dan aktivitas sehari-hari anda mengeluarkan banyak energy.
Nyeri : jika anda mengalami rasa sakit setelah stroke, anda membutuhkan banyak istirahat untuk mengatasinya
Faktanya, otak anda biasanya menggunakan 20% energy anda, dan presentase itu hanya meningkat saat sedang sibuk mencoba memperbaiki dirinya sendiri.

Tips untuk membantu anda melawan kelelahan post stroke :
Sebagian besar penderita stroke mulai merasa kurang lelah setelah beberapa bulan. Membuat perubahan pada beberapa aktivitas anda dapat membantu mengurangi kelelahan dan meningkatkan pemulihan. Menjadi lelah sangat umum setelah terkena stroke, jadi ingat itu bukan salah anda. Beberapa tips untuk dimasukkan ke dalam kehidupan sehari-hari anda yang dapat membantu anda melangkah maju dalam pemulihan :
Komunikasi : kelelahan anda mungkin tidak jelas bagi orang lain, jadi berbicaralah dengan teman, keluarga, dan orang terdekat anda tentang apa yang anda alami.
Istirahat : beri diri anda banyak waktu untuk istirahat, termasuk tidur siang atau waktu istirahat terjadwal di siang hari.
Moderasi : jangan memaksakan diri anda terlalu keras, terutama jika anda mengalami hari yang baik, itu akan membuat anda kelelahan di hari esoknya.
Jurnal : cobalah anda menulis sebuah buku harian tentang kegiatan sehari-hari anda. Rayakan kesuksesan anda saat anda melihat banyak nya kemajuan yang anda rubah dalam hidup anda.
Luangkan waktumu : berikan diri anda banyak waktu, mungkin butuh waktu lebih lama untuk bersiap-siap pergi ke suatu tempat. Terburu-buru akan sangat melelahkan.
Mulailah dengan langkah kecil : bangkitkan stamina dan kekuatan perlahan. Lakukan tingkat latihan rutin dan tingkatkan sedikit demi sedikit.
Makanan : diet sehat, konsumsi buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Jika perlu konsultasikan ke professional kesehatan tentang diet sehat yang terbaik untuk anda.
Dengarkan tubuh anda : anda adalah pakar tentang perasaan anda.


0 comments:

Total Pageviews

Search

Informasi

Jika Anda membutuhkan konsultasi terkait fisioterapi silahkan menghubungi melalui email physio.yuli@gmail.com

Artikel Populer