Tuesday 6 October 2015

nyeri pinggang sering diderita banyak individu dengan keseharian bekerja duduk di kantor. Tidak hanya faktor pekerjaan, faktor postur tubuh ikut mempengaruhi nyeri pinggang. Nyeri pinggang sangat mengganggu khususnya bagi yang berproduktif. Pada awal terkena nyeri pinggang, seseorang akan merasakan sulit untuk duduk lama, berdiri, bahkan berjalan. Seakan ada perasaan tarikan di pinggang yang mengganjal. Nyeri yang dirasakan pun beragam, mulai dari nyeri tumpul, nyeri tajam, nyerti tertusuk, sampai nyeri menjalar hingga ke kaki.

Untuk Anda yang sering  mengalami nyeri pinggang, jangan anggap remeh, karena nyeri pada pinggang menandakan bahwa ada masalah pada jaringan sekitar pinggang yang mengganggu. Seperti pada awalnya hanya dirasakan nyeri pegal. waspadalah, karena banyak jaringan di pinggang yang dapat bersifat fatal bila tidak ditangani. jaringan seperti bantalan sendi, saraf, tulang, otot, pembuluh darah, sendi, ligament, dan tulang rawan sendi. masing-masing jaringan memiliki ciri khas kerusakannya yaitu misalnya bantalan sendi yang menonjol mengenai saraf, cidera saraf karena trauma, pengapuran tulang rawan sendi, spasme otot, dan sebagainya.

Masalah pinggang karena postur berperan besar yang membuat tekanan pada jaringan di sekitar pinggang membuk seperti postur bungkuk, postur lengkung tulang belakang skoliosis, postûr lordosis, dan kifoscoliosis. Beban jaringan oleh postur menyebabkan iritasi dan penekanan jaringan di sekitar pinggang. Hal ini menambah nyeri pada pinggang yang menurunkan kualitas produif dan kemandirian dalam toileting, dressing, dan feeding.

Cara mengatasi nyeri pinggang perlu diperhatikan hal berikut yaitu:
a. Tidurlah di kasur yang tidak terlalu empuk. usahakanlah tempat tidur tidak menekan tubuh ke bawah. Kasur yang empuk dengan busa yang tidak lentur seringkali membuat pinggang tertekan ke dalam kasur dimana akan memperburuk keluhan pinggang.
b. Lakukan peregangan otot di sela bekerja yang mengharuskan duduk atau berdiri lama.
C. Gunakan korset pinggang untuk mengurangi tekanan pada bagian pinggang yang bermasalah.



0 comments:

Total Pageviews

Search

Informasi

Jika Anda membutuhkan konsultasi terkait fisioterapi silahkan menghubungi melalui email physio.yuli@gmail.com

Artikel Populer