Friday 27 November 2015

Orang indonesia banyak sekali belum mengenal fisioterapi. Kalau jatuh, keseleo, sakit pinggang, kesemutan jari, salah bantal, saraf kejepit, dll yang diingat tukang urut, ahli alternatif, akupuntur, sampai alternatif ektrem lainnya seperti minum air hasil rendaman batu yang katanya ajaib. Orang indonesia beragam kebudayaan dan karakter. Orang indonesia dari turun temurun mencintai hal hal tradisional yang melegenda. Seperti kalao patah tulang, ke dukun patah tulang bisa sembuh. Iya kalao cuma retak saja, jika patah bergeser, tentu tidak bisa, segeralah ke dokter ortopedi. Kemudian, orang indonesia cinta tradisi, misalnya kalau salah bantal cukup tepuk pakai bantal bekas tidurnya 7 kali langsung sembuh.
Indonesia kaya budaya, tradisi, dan paham turun temurun. Maka dari itu, hal hal yang bersifat kurang logika terasa memang sulit dimengerti. Oleh karena itu, pada hari ini, prosehat berusaha untuk berbagi mengenai apa itu fisioterapi.
Beberapa alasan prosehat untuk menggambarkan apa itu fisioterapi
1. Memperkenalkan fisioterapi kepada masyarakat
2. Mengapa ke fisioterapi
3. Apa saja yang dapat ditangani oleh fisioterapi
4. Fisioterapi bukan tukang pijit berijazah
5. Memasyarakatkan fisioterapi




Nah... Fisioterapi merupakan profesi medis. Fisioterapi berkolaborasi dengan profesi medis lain seperti dokter, perawat, bidan, dll. Fisioterapi dapat melakukan pemeriksaan, diagnosa fisioterapi, treatment, perencanaan program jangka pendek dan jangka panjang, dan evaluasi. Fisioterapi merupakan profesi yang dilalui dengan menempuh pendidikan formal universitas mulai dari D3, D4, S1,S2, dan profesi. Fisioterapi sarjana keilmuan yang berfokus pada keadaan anatomis gerak dan fungsi tubuh manusia.
Fisioterapi memberikan diagnosa dari sudut pandang fisioterapi berupa kaitan dengan diagnosa medis  melalui hasil pemeriksaan dan penunjang medis misalnya
Diagnosa medis : HNP lumbal 4-5
Diagnosa fisioterapi : Nyeri paresthesia, gangguan ADL disertai antalgic gait ec. HNP Lumbal 4-5
Diagnosa fisioterapi berdasarkan hasil pemeriksaan dan tes pengukuran yang berkaitan dengan gerak dan fungsi.
maka dari itu, problema yang muncul dari seseorang akibat diagnosa medis yang dialaminya, akan ditindaklanjuti fisioterapi ke dalam rancangan program treatment jangka pendek dan jangka panjang dengan tujuan seseorang dapat kembali beraktivitas fungsional penuh seperti semula. Ia dapat bekerja, berpakaian, mandi, bermain, olahraga, dan sebagainya.
Adapun fisioterapi memiliki kekhususan dalam pelayanannya seperti
1. Fisioterapi olahraga
2. Fisioterapi muskuloskeletal
3. Fisioterapi kesehatan wanita
4. Fisioterapi geriatri
5. Fisioterapi anak
6. Fisioterapi kardiovaskuler
7. Fisioterapi K3
8. Fisioterapi neuromuskular
Nah, kekhusuan fisioterapi ini masing- masing memiliki cakupan pelayanannya yang terfokus pada bidangnya. Masyarakat dapat berkonsultasi langsung ke fisioterapi untuk mengetahui apa saja yang dapat ditangani oleh fisioterapi.
Fisioterapi memberikan treatment dengan
1. Modalitas elektrotherapeutic
2. Manual therapy
3. Exercise therapy
4. Bobath
5. PNF
6. Neuro rehabilitation
7. Dll berkaitan dengan kekhususannya
Masyarakat dapat ke fisioterapi bila mengalami keluhan nyeri kesemutan, nyeri mengganggu aktivitas sehari hari, kesulitan ADL (activitu daily living), gangguan pernapasan, anak berkebutuhan khusus, pos stroke, post surgery, parkinson, dll. 

Fisioterapi merupakan profesi masa depan yang berfokus melayani keluhan gerak dan fungsi tubuh. Pelayanan mencakup ruang lingkup anak hingga lanjut usia. 

0 comments:

Total Pageviews

Search

Informasi

Jika Anda membutuhkan konsultasi terkait fisioterapi silahkan menghubungi melalui email physio.yuli@gmail.com

Artikel Populer