Thursday 21 January 2016

Kali ini, kita akan menelurusi topik hangat yaitu mengenai lingkar pinggang. Lingkar pinggang diukur dengan patokan 5cm di atas pusar.

 Lingkar pinggang wanita biasanya lebih kecil dibandingkan lingkar pinggag pria. Nah, kenapa kita bahas mengenai lingkar pinggang?

Lingkar pinggang selain untuk menentukan ukuran celana, rok atau dress, lingkar pinggang juga berkaitan dengan besarnya timbunan lemak di perut.
Banyak di antara kita yang memilki berat badan ideal namun bermasalah dengan lingkar pinggang. Pinggang terlihat berlemak, dimana sisi pinggang memperlihatkan kulit yang berlipat dan perut terlihat buncit. Tentu saja keadaan ini mengganggu penampilan dan juga kesehatan.

Lingkar pinggang di atas normal berarti memberikan sinyal bahwa terdapat kelebihan cadangan makanan yang tersimpan dalam bentuk lemak di perut.  Jika tidak diimbangi dengan aktivitas atau olahraga maka pembakaran kalori terlampau sedikit sehingga cadangan makanan yang tidak digunakan akan disimpan dalam bentuk lemak di perut.
Terdapat berbagai hal yang menyebabkan peningkatan timbunan lemak di perut yaitu:
1. Kurang pembakaran kalori
2. Life style yang buruk yaitu makan makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan junk food
3. Kurangnya latihan fisik khusunya untuk area perut.

Wanita yang berusia di atas 20 tahun akan mudah mengalami kenaikan berat badan dan perut membuncit. Oleh karena itu, pola makan dan gaya hidup harus teratur agar tidak mudah mengalami obesitas atau kegemukan yang paling mengganggu adalah obesitas sentral. Obesitas sentral ini terjadi di perut.

Berikut adalah ukuran lingkar perut yang ideal
Bagaimana caranya supaya lingkar pinggang tetap terjaga ideal?
1. Atur pola makan seimbang kaya serat
2. Kurangi gaya hidup merokok, minum alkohol, makan junk food
3. Tingkatkan aktivitas fisik seperti berjalan kaki, jogging, senam, berlari
4. Olahraga penguatan otot-otot perut dan core stability


0 comments:

Total Pageviews

Search

Informasi

Jika Anda membutuhkan konsultasi terkait fisioterapi silahkan menghubungi melalui email physio.yuli@gmail.com

Artikel Populer