Tuesday 8 December 2015




Ketika bangun pagi seorang ibu dikejutkan dengan lengannya yang tidak bisa diangkat. Lengan terasa nyeri dan berat serta tidak ada kekuatan untuk digerakkan. Sudah pasti kepanikan yang dirasakan. Bagaimana tidak? tanpa sebab apapun, lengan tidak bisa diangkat.


Kenapa ini bisa terjadi? ada beberapa hal yang mungkin dialami oleh Anda sehingga lengan Anda tidak bisa diangkat ke atas maupun ke samping.

Tendinitis rotator cuff shoulder

Ada 5 isi rotator cuff shoulder yang salah satunya atau lebih yang dapat memicu terjadinya nyeri bahu hingga lengan tidak dapat digerakkan.

Isi dari rotator cuff yaitu tendon suprapsinatus, tendon infraspinatus, tendon bicep caput longum, tendon supscapularis, dan bursa subacromial.

                                                       Anatomi Rotator Cuff


    
Tendinitis atau robek mikroskopis pada rotator cuff bisa mengakibatkan nyeri, penurunan kekuatan otot, keterbatasan gerak bahu-lengan, adapun robeknya seperti gambar di bawah ini
Jika masih akut atau diawali dengan tendinitis rotator cuff maka gejalanya seperti berikut ini:
- nyeri gerak
- nyeri tekan
- kelemahan otot
- keterbatasan gerak
- penurunan kemampuan aktivitas seperti mandi, makan, berpakaian, dan sebagainya
- bahu drop

Jika tendinitis berlangsung lebih dari 2 minggu atau lebih dari 1 bulan maka akan terjadi perlengketan kapsul sendi dan ligament, pemendekan otot sekitar bahu dan belikat yang menimbulkan tendinitis rotator cuff tahap lanjut dikenal dengan frozen shoulder







Robeknya bagian dari rotator cuff yang lambat laun menimbulkan frozen shoulder seperti gambar di atas.
Adapun stadium tahapan dari frozen shoulder itu sendiri yaitu

Dan berikut frozen shoulder yang bermula dari tendinitis salah satu atau lebih dari bagian isi rotator cuff

Akibat dari tendinitis rotator cuff atau berlanjut menjadi frozen shoulder atau berdiri sendiri akan menimbulkan patologi painfull arc yaitu sebagai berikut

 Painfull arc yaitu nyeri shoulder pada derajat tertentu seperti gambar di atas dimana nyeri shoulder mulai dari 60 derajat- 120 derajat dan terjadi ketidaknormalan gerak belikat sehingga terlihat gerakn lengan seperti menjauhi belikat dimana belikat diam karena adanya regangan nyeri.

Lalu apa yang harus dilakukan jika Anda mengalami keluhan ini?

Pertama, Anda bisa langsung ke Fisioterapi atau ke dokter. Perbedaan antara ke Fisioterapi dan dokter
- ke dokter, Anda akan diberikan suntikan NSAID yaitu anti inflamasi untuk menurunkan peradangan/inflamasi pada bahu Anda setelah itu Anda diberikan obat minum dan diberikan saran untuk ke Fisioterapi
- ke Fisioterapi, Anda akan diberikan treatment sesuai dengan hasil temuan jaringan rotator cuff mana yang terganggu. Kunjungan Fisioterapi beberapa kali hingga keluhan tuntas.

Berikut latihan dan saran wajib yang harus Anda lakukan



latihan di atas bermanfaat untuk mencegah perlengketan kapsul sendi dan pemendekan otot serta mencegah terjadinya frozen shoulder.

Sedangkan shoulder support ini bermanfaat untuk mencegah perlengketan kapsul sendi jika biasanya kita akan menahan nyeri dengan mengepitkan lengan.



0 comments:

Total Pageviews

Search

Informasi

Jika Anda membutuhkan konsultasi terkait fisioterapi silahkan menghubungi melalui email physio.yuli@gmail.com

Artikel Populer