Wednesday 4 July 2018

Hallo sobat sehat..

Pembahasan kali ini mengenai bahu yang nyeri dan kaku.



Di antara Anda apakah ada yang mengalami keluhan dengan ciri berikut ini
1. Bahu Nyeri dan sulit diangkat
Nyeri bahu yang terasa meningkat bila digerakkan bahkan sulit mengangkat lengan ke atas atau ke samping. Bahu terasa berat dan nyeri terkadang berdenyut.
2. Keluhan Bertambah di Malam Hari
Nyeri meningkat di malam hari saat jam tidur atau istirahat Anda. Nyeri disertai ngilu yang terkadang kebas. Sulit untuk tidur miring di sisi bahu yang sakit tersebut. 
3. Sela bahu/ arm pit lengket
Untuk ciri yang satu ini biasanya dimana ketiak Anda terasa lengket disertai nyeri berat saat bahu hendak diturunkan lurus ke bawah. Seolah lengan Anda terasa nyeri tertarik.
4. Keluhan bahu muncul setelah bangun tidur
Biasanya ketika Anda bangun tidur tiba tiba bahu Anda tidak dapat digerakkan,nyeri meningkat dan sulit digerakkan.

Apakah yang terjadi?
Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab


1. Radang sendi bahu
Tidak hanya usia tua saja yang mengalami, usia muda dengan faktor penggunaan sendi bahu yang berlebihan dan kurang asupan kalsium atau faktor imunitas juga bisa mengalaminya.
2. Cidera bahu
Biasanya terjadi saat olahraga atau cidera ulang repetitif pada aktivitas tertentu. Biasanya cidera bahu sering dialami oleh pemain bulu tangkis, pebasket, volley, dan sebagainya dan ibu rumah tangga yang sering membawa belanjaan terlalu banyak dan atau pada pria yang sering mengangkat beban berat atau olahraga gym dengan overload beban. Hal ini menyebabkan cidera kecil pada jaringan di otot, ligament, atau sendi pada bahu.
3. Post stroke
Pada post stroke nyeri bahu akan menyertai karena beban gravitas dari kepala sendi bahu pada lengan yang mengalami kelumpuhan. Hal ini menimbulkan perlengketan pada ligament dan sendi bahu sehingga sulit mencapai pergerakan bahu yang sempurna. 
4. Sering menahan lengan pada arm pit 
Prolonged position lengan arm pit yang repetitif karna menjepit barang di armpit dapat menyebabkan ketegangan otot-otot pada bahu dan sekitar arm pit. Hal ini memang agak membingungkan namun beberapa kali ada yang mengalami hal ini. Percaya atau tidak.

Nah, sebenarnya bahu Anda sedang tidak baik. Beberapa hal yang terjadi yaitu frozen shoulder, cidera jaringan suprahumeral, dan atau otot lain di sekitar bahu. 


Bagaimana untuk membedakannya? Hal ini hanya dapat diperiksa oleh fisioterapist ahli dan dokter spesialis syaraf dan orthopedi. Anda hanya perlu segera mendatangi salah satu ahli ini.
Jika Anda ke dokter biasanya akan diberikan suntikan dan beberapa obat sedangkan jika Anda ke fisioterapi akan ditangani dengan prosedur fisioterapi dan bila nyeri sangat akut biasanya akan diberikan pereda nyeri.

Lalu apakah keluhan ini akan memburuk?
Jawabannya iya jika Anda mengabaikannya. Sekali lagi, hal ini tidak dapat diabaikan dengam Anda pergi ke tulang urut. Ada baiknya segera memeriksakan kondisi bahu Anda.

Salam fisioterapist
Semoga artikel ini membantu... 

0 comments:

Total Pageviews

Search

Informasi

Jika Anda membutuhkan konsultasi terkait fisioterapi silahkan menghubungi melalui email physio.yuli@gmail.com

Artikel Populer