Monday 9 July 2018

Sakit pinggang sungguh menyiksa siapa saja yang mengalaminya. Sakit pinggang paling banyak pada usia produktif. Penyumbang terbesar dari faktor resiko dari suatu pekerjaan.
Sakit pinggang umumnya dapat hilang timbul. Bahkan dapat menjadi keadaan yang memburuk hingga menghambat aktifitas. Berdasarkan teori impairment dalam fisioterapi, sakit pinggang dapat menimbulkan problema gangguan gerak dan fungsi tubuh yang berdampak pada keterbatasan aktivitas fungsional atau functional handicap terutama dalam aktivitas sehari-hari seperti duduk, berdiri, berjalan, olahraga, membersihkan diri, toileting, dan bekerja.

Sakit pinggang sendiri bukanlah hal remeh. Beberapa pengalaman orang akan pergi ke tukang urut untuk mengobati keluhannya dan atau meminum pain killer. Kedaan sakit pinggang harus mendapat perhatian medis karena ada banyak hal di balik sakit pingganh tersebut. Seperti yang kita ketahui bahwa sakit pinggang hanyalah sinyal bahwa terdapat suatu permasalahan di pinggang itu sendiri. Permasalahan tersebut bisa pada jaringan atau organ di area pinggang tersebut.

Pekerjaan dengan mengharuskan seseorang untuk duduk lama di depan komputer, mengangkat dan atau memindahkan barang, berdiri terlalu lama, menyetir lama, dan  pekerjaan dengan mobilitas tinggi. Individu dengan tingkat resiko pekerjaan yang memungkinkan mengalami sakit pinggang sebaiknya perlu melakukan preventif yaitu
1. Melakukan peregangan otot di sela beraktivitas duduk atau berdiri lama seperti latihan peregangan otot-otot tubuh seperti di bawah ini






2. Setiap bekerja selama 2-3 jam rilekan tubuh
3. Atur posisi kerja di depan komputer dan atau bekerja di depan kasir denhan posisi yang ergonomis

Hal di atas untuk mencegah berbagai permasalahan pada tubuh saat bekerja. Praktisnya, bekerja terlalu lama dengan duduk atau berdiri statis dapat membuat otot postural menjadi lelah dan sirkulasi darah yang mengalir ke otot berkurang akibatnya otot postural semakin berat kerjanya. Kita perlu mencegah untuk kebaikan dan kesehatan tubuh kita sendiri karena kesehatan tubuh adalah investasi terbesar dalam hidup kita.

Sakit pinggang dapat berkurang dengan memakai korset, melakukan latihan peregangan, dan melakukan pengobatan secara medis. 


Anjuran terbaik untuk mencegah kelanjutan sakit pinggang yang hilang timbul yaitu sesegera mungkin melakukan pemeriksaan tubuh dan postur tubuh.


Semoga bermanfaat.



0 comments:

Total Pageviews

Search

Informasi

Jika Anda membutuhkan konsultasi terkait fisioterapi silahkan menghubungi melalui email physio.yuli@gmail.com

Artikel Populer