Wednesday 4 July 2018

Halo sobat sehat..
Sudah lama kami tidak berbagi disini, kali ini kami akan membahas mengenai nyeri pinggang yang sudah sampai bertahun-tahun mengganggu Anda.



Sakit pinggang memang sulit diremehkan apalagi jika sudah dialami sampai beberapa tahun lamanya. Terkadang membaik sendiri dan terkadang bisa memberikan rasa sakit tidak tertahankan yang mengganggu aktivitas Anda. Pernahkah Anda mengalami dimana saat ingin pergi memeriksakan diri ke dokter malahan setelah nyeri pinggang itu hilang dan dokter mengatakan Anda terlihat baik-baik saja. Namun, ketika nyeri pinggang itu menyerang Anda, justru Anda tidak kuat pergi menemui dokter. Akhirnya Anda berakhir dengan keluhan yang tetap ada tetapi tidak dapat dipastikan kapan ia kembali menyerang Anda.


Baiklah, jika Anda mengalami keluhan seperti ini, pastikanlah beberapa hal yang harus Anda lakukan yaitu
1. Medical Check Up
Wajib bagi Anda untuk melakukan medical check up. Apa saja sih yang harus di medical check up?
- cek darah lengkap
- MRI tulang belakang Anda terutama daerah pinggang dan panggul
Medical check up bisa langsung dilakukan di laboratorium resmi dan atau melalui rujukan dokter umum atau spesialis jika Anda ingin menggunakan plafon asuransi Anda. Penting sekali melakukan medical check up ini untuk memastikan apa sebenarnya masalah di balik nyeri yang Anda rasakan. Tanpa menunggu nyeri itu kembali, Anda bisa segera mendapatkan jawaban atas pertanyaan Anda selama ini.

2. Pastikan kondisi keluhan tersebut
Apakah keluhan yang Anda alami selalu terjadi di kala Anda berkativitas dalam static position dan repeat activity dalam waktu yang lama seperti membungkuk dan memutarkan badan berulang selama beberapa jam untuk memindahkan barang atau melemparkan benda tertentu dalam pekerjaan rutin Anda? Duduk di depan komputer dalam waktu berjam jam dan atau menyetir dalam waktu yang lama? Bahkan tidur terlentang di kasur yang cekung hingga pagi? Perhatikan kondisi ini, jika Anda mengalaminya karena penyebab ini, sudah dipastikan keluhan Anda berkaitan dengan jaringan di tulang belakang Anda. Segeralah menghubungi fisioterapist.

Dua hal itu saja yang dapat Anda lakukan jika Anda mengalami keluhan nyeri pinggang yang berulang dan tidak menetap. Jangan pernah meremehkan keluhan ini karena bisa saja keluhan ini akan menyebabkan porotik atau pengeroposan pada bagian rawan sendi tulang belakang Anda dan lebih sulit ditangani atau bahkan postur Anda mengalami penyimpangan misalnya membungkuk atau menyerupai huruf S atau C. Jika sudah terjadi penyimpangan tulang belakang karena nyeri pinggang, maka akan lebih sulit untuk mengembalikan postur Anda ke arah yang normal. Justru biaya yang Anda keluarkan untuk ini akan lebih banyak lagi. Sebelum keluhan Anda bertambah buruk, ada baiknya segera memeriksakan diri Anda. Baik itu ada atau tidaknya keluhan tersebut kembali menyerang Anda.

Preventif yang perlu Anda lakukan untuk mencegah berulangnya nyeri pinggang, lakukanlah exercise untuk pinggang Anda seperti peregangan, penguatan, dan senam. Secara rutin lakukanlah beberapa gerakan di bawah ini sebanyak 20 kali.


Sayangilah diri Anda dan masa depan tubuh Anda.  Semoga bermanfaat.

Salam fisioterapist....

0 comments:

Total Pageviews

Search

Informasi

Jika Anda membutuhkan konsultasi terkait fisioterapi silahkan menghubungi melalui email physio.yuli@gmail.com

Artikel Populer