Saturday 7 July 2018

Keseleo bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Bisa terjadi pada saat beraktivitas maupun berolahraga. Pada wanita biasanya karena mengenakan high heel atau saat menuruni tangga.



Keseleo menimbulkan dampak yang kompleks. Dalam dunia medis ada beberapa cidera jaringan yang terjadi pada saat seseorang mengalami keseleo yaitu pada ligament, otot, dan tulang.
Seberapa besarnya cidera yang dialami saat keseleo dapat diukur dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh tenaga medis. Bila mengkhawatirkan diperlukan rontgen untuk memastikan apakah terjadi retak atau patah pada tulang. Berikut tanda dan gejala yang terjadi setelah seseorang mengalami keseleo;
1. Terjadi pembengkakan
Pada keseleo biasanya akan muncul pembengkakan di sekitar sisi luar atau dalam dari kaki. Pembengkakan ini terjadi karena adanya cidera pada jaringan seperti ligament atau otot pada kaki yang menimbulkan reaksi pelebaran pembuluh darah dan cairan di sekitarnya.
2. Nyeri
Nyeri muncul karena reaksi dari cidera pada jaringan ligament atau otot yang mengaktifkan serabut saraf nyeri sensoris dan motoris sehingga akan disertai dengan nyeri berdenyut yang tidak tertahankan dan bila kaki digerakkan akan semakin nyeri.
3. Peradangan
Peradangan merupakan istilah dari inflammasi yang ditandai dengan perubahan warna kulit (memerah), peningkatan temperatur pada jaringan yang mengalami cidera berupa rasa hangat, munculnya nyeri, pembengkakan, dan sulit menggerakan bagian yang cidera.

Pada saat kaki diistirahatkan terutama pada malam hari, keluhan nyeri akan meningkat tajam dimana disertai nyeri berdenyut. Hal ini terjadi karena terjadi shock pada jaringan sehingga impuls saraf penghantar nyeri bereaksi.

Adapun stadium cidera jaringan pada keseleo seperti gambar di bawah ini.




Gambar di atas menjelaskan bahwa ada 3 stadium terjadinya keseleo yaitu
- stadium 1 dimana terjadi micro trauma (cidera ringan yang merobek sedikit ligament)
pada stadium ini juga akan menimbulkan 3 reaksi gejala di atas namun dalam kapasitas cidera yang masih minimal, tetapi rasa nyeri dan bengkak lumayan terasa.
- stadium 2 dimana terjadi kerobekan minimal pada ligament yang menimbulkan pembengkakan dan peradangan yang cukup besar. Kerobekan minimal ini juga mempengaruhi jaringan otot yaitu terjadi tarikan pada otot dan memberikan rasa nyeri.
- stadium 3 dimana terjadi kerobekan komplit dari ligament yang menimbulkan peradangan dan pembengkakan besar sehingga mengganggu kemampuan menggerakkan kaki. hal ini harus segera mendapatkan pertolongan dokter untuk dioperasi penyambungan ligament.

Lalu bagaimana untuk memastikan apakah keseleo yang dialami apakah ada retak atau patah pada tulang dan ataukah terjadi kerobekan ligament komplit?
untuk membedakan keseleo yang masih dapat tertangani konservatif dan harus dengan bantuan medis dapat dilihat dari gejala yang menyertai pada keseleo yaitu level nyeri yang dirasakan, kesulitan berjalan, pembengkakan yang tidak wajar disertai lebam, dan peradangan yang parah. Anda harus segera menemui bantuan media untuk melakukan pemeriksaan dan mendapatkan penanganan.

Kemudian, untuk keseleo yang masih dapat ditangani secara konservatif dapat dilakukan dengan cara berikut:
1. Rest
Isirahatkan kaki yang mengalami keseleo untuk menghindari kerobekan jaringan makin luas
2. Ice
kompres bagian keseleo dengan es selama 15 menit, ulangi 2 jam sekali.
3. Compression
Balut kaki yang keseleo dengan bandage
4. Elevation
Tinggikan kaki yang keseleo pada posisi tidur dengan menyanggahnya menggunakan bantal lebih tinggi dari jantung.

Keselo yang ditangani dengan urut akan berdampak buruk yaitu
terjadi kerusakan jaringan pada bagian yang keseleo, meningkatkan reaksi peradangan dan meningkatkan pelebaran pembuluh darah, jika terjadi patah pada tulang dengan urut akan beresiko semakin retaknya perpatahan pada tulang, dan perbaikan keseleo yang memakan waktu lebih lama serta menyulitkan penyembuhan. Oleh karena itu mengurut bagian keseleo atau bahkan merendamnya dengan air hangat akan meningkatkan peradangan dan problem pada bagian kaki yang mengalami keseleo. Lakukan peanganan yang tepat untuk perbaikan yang baik dan tepat pula.


semoga bermanfaat.




0 comments:

Total Pageviews

Search

Informasi

Jika Anda membutuhkan konsultasi terkait fisioterapi silahkan menghubungi melalui email physio.yuli@gmail.com

Artikel Populer